Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Anak Dalam Pembelajaran Dengan Teknik Meronce Di Paud Kober Al-Karimah Desa Cileungsing Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi

Nyai Lissugianti(1)
Yani Suryani(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang Karawang
(2) STAI Pelabuhan Ratu Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.51729/banin.12734

Kata Kunci:

Peran Guru, Minat Anak, Pembelajaran, Meronce

Abstrak

Permasalahn yang ditemukan dalam penelitian ini, masih banyak anak yang belum mampu mengembangkan minatnya terutama dalam kegiatan meronce terutama ketika ditanya macam macam warna anak masih banyak yang belum mampu menjawabnya, ketika melaksanakan kegiatan meronce anak masih banyak yang terburu-buru untuk menyelesaikannya, ketika disuruh untuk mencari macam-macam warna bentuk dengan cepat anak masih banyak yang kebingungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam pembelajaran dengan teknik meronce di PAUD KOBER Al-Karimah Cileungsing Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, melibatkan 15 anak sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan observasi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian kegiatan meronce yang dilaksanakan di PAUD KOBER Al-Karimah Kp. Situ Rt/Rw 002/006 Desa Cileungsing Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2022/2023, yaitu pada siklus I dengan hasil persentase sebesarĀ  60,0%, sedangkan pada siklus II ada peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan kegiatan meronce dengan nilai persentasenya yaitu 88,9%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31