INTERNALISASI NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA TARBIAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Muklis Malik(1)
Sakban Lubis(2)
Zulfi Imran(3)
Amanda Devina(4)

(1) Universitas Pembangunan Panca Budi
(2) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
(3) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
(4) Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.51729/91668

Keywords:

Internalization; Character; Students; XI Grade; Islamic Education;

Abstract

The purpose of this research is to describe and analyze in depth the efforts to internalize Akhlakul Karimah (noble character) among the 11th-grade students of the Tarbiah Islamiyah Private Madrasah Aliyah in the Hamparan Perak District, Deli Serdang Regency. The process of internalizing noble character at Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak will be detailed, including the methods used and the factors that support and hinder its implementation. This research is qualitative in nature, with the background set at Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah. Data will be collected through interviews, observations, and documentation. Data analysis will be conducted using descriptive analytical methods to derive conclusions from the meaning of the collected data. The research findings indicate that the implementation of character internalization at Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak has been successful as expected, reflected in the daily behaviors of students, including courteous communication with teachers, peers, and the surrounding community. Supporting factors include the collaboration between the madrasah and the boarding school, as well as cooperation with subject teachers and class guardians. Meanwhile, inhibiting factors include a lack of support from families and the environment, as well as peer influence among students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Mustofa, Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia 1997).

Abbas (ed.), E. W. Pendidikan Karakter. Bandung: Niaga Sarana Mandiri,2014.

Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al Ghozali Tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998).

Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak) (Jakarta: PT Bulan Bintang 1993).

Alfauzan Amin, Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Dan Budaya Di Sekolah Menengah Pertama, Indonesian Journal Of Social Science Educationvolume 1, Nomor 1, Januari 2019.

Asmaran As., Pengantar Studi Akhlak, (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1994).

Az-Zuhaili, W. Tafsir Al-Wasith, Jilid III. Jakarta: Gema Insani,2013.

Baharudin, Pendidikan Humanistik, (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2007).

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Basrowi dan Suwardi, Memahami Penelitian Kualitatf, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).

David Moeljadi dkk, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online Diakses Melalui https://github/com/yukuku/kbbi4 15 Juni 2020.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka 1988).

Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2013).

Hadi Saputra Panggabean, Penguatan Akidah Dan Perlunya Makanan Halal Dalam Pengamalan Beragama Pada Masyarakat Muslim Desa Lau Gumba Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo, Cermin, Jurnal Penelitian, Volume 6 Nomor 1, Juni 2022.

Hamdani Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2002), hlm.

Hanna Djumhara Bastaman, Integrasi psikologi dengan islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995).

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, (Bandung: Alfabeta,

Hernawan Syahputra Lubis, Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Muslim Desa Lau Gumba Berkearifan Lokal, Jurnal Universitas Dharmawangsa, Volume 16, Nomor 4:1147-1158 Oktober 2022.

Ibnu Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak (Buku asar Pertama Tentang Etika) (Bandung Mizan 1994).

Idham Kholid, Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing, Jurnal Tadris, vol 10 No. 1 (2017).

Jumhur dan Muh. Suryo, Bimbingan Dan Penyuluhan di sekolah, (Bandung: CV. Ilmu 1987).

Katsir, I.Tafsir Ibnu Katsir, Jilid VIII. Sukoharjo: Insan Kamil,2017.

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)

M. Hamdani Bakran Adz. Dzaky, Konseling Dan Terapi Islam, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002).

Majid, A. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Mangun Harjana, Pembinaan; Arti dan Metodenya, (Yogyakarta: Kanisius, 1986).

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

Miskawaih, I. Menuju Kesempurnaan Akhlak: Buku Daras Pertama tentang Filsafat Etika. Terjemahan Tahdzib al-Akhlaq. Bandung: Mizan,1994.

Muhammad Yunan Harahap dkk, Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang, JIM: Jurnal Ilmiyah Mahasiswa Sejarah, Vol 8, No.2,2023.

Nasirudin. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail,2009.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).

Sahilun A. Nasir, Tinjauan Akhlak, (Surabaya: Al Ikhlas, 1991).

Sidi Gazalba, Sistematika Filsafat, buku IV, (Pengantar Teori Nilai), (Jakarta: Bulan Bintang, 1973).

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008).

Sunarti Rahman, PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR

Supiana Dkk, Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Ar-Roudloh Cileunyi Bandung Jawa Barat), Jurnal Educan, Vol. 01, No. 01, Februari 2017.

Susiaynto, Penggunaan Metode Internalisasi Dalam Pembelajaran Ilmu Akhlak Dalam Naskah Serat Kidung Sesingir Karya Pakubuwono IX, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4, No. 2,November 2021.

Sutarjo Susilo, Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter, (Jakarta: Rajawali Press, 2012).

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Syekhnurjati, “Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Usia 13-15 Tahun “ Diakses Pada 05 Januari t 2024 Dari Http://Sc. Syekhnurjati. Ac.Id/Esscamp/ Risetmhs/ Bab259410320.Pdf

Winarno Surakhmat, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung:1990).

Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Yogyakarta: LPPI, 2005).

Zainuddin, dkk, Seluk Beluk Pendidikan dari Al Ghazali, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Zuhairin, Filsafat pendidikan islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).

Published

2024-06-29

How to Cite

Malik, M. ., Lubis, S. ., Imran, Z. ., & Devina, A. . (2024). INTERNALISASI NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA TARBIAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 300–313. https://doi.org/10.51729/91668