Peran Majlis Ta’lim Dalam Peningkatan Pendidikan Agama Di Masyarakat
Studi Kasus di Desa Mayak Kecamatan Cibeber
DOI:
https://doi.org/10.51729/alkhidmah.22801Kata Kunci:
Majelis Ta'lim, Pendidikan Agama, Masyarakat, Desa MayakAbstrak
Majlis Ta'lim memiliki peran penting dalam meningkatkan pendidikan agama di kalangan masyarakat, khususnya di Desa Mayak, Kecamatan Cibeber. Sebagai lembaga pendidikan nonformal berbasis keagamaan, Majlis Ta'lim menjadi wadah yang efektif dalam penyebaran ilmu agama dan pembentukan karakter keagamaan di tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Majlis Ta'lim dalam meningkatkan pemahaman dan praktik keagamaan masyarakat serta dampaknya terhadap kehidupan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengurus Majlis Ta'lim, peserta kegiatan, serta tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Majlis Ta'lim berperan penting dalam memperkuat pendidikan agama melalui kajian rutin, pengajian, serta kegiatan sosialkeagamaan lainnya. Selain itu, Majlis Ta'lim berperan sebagai sarana mempererat silaturahmi antarwarga, meningkatkan partisipasi dalam kegiatan keagamaan, serta memperkokoh moral
Unduhan
Referensi
Andi, F. (2017). Peran Majelis Ta’lim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan (Study Terhadap Majlis Ta’lim Nurul Hidayah Di Desa Taraman Jaya Kecamatan Semendawai Suku Iii Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur) (Doctoral dissertation, Uin raden fatah palembang).
Marzuki, A. M. A. (2016). Dinamika dan peran majelis ta’lim dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan di wilayah suku Tengger. Mafhum, 1(2), 185-198.
Muarofah, L. (2016). Peran Majelis Ta’lim Triwulan Muslimat Nahdlatu Ulama’dalam meningkatkan pemahaman agama Islam masyarakat Dusun Songaran Desa Sidomulyo Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Munir, M. (2019). Peran Majelis Ta’lim Selaparang dalam Pembinaan Keagamaan Masayarakat. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 105-118.
Putri, A. R., & Wiza, R. (2022). Peranan Majelis Ta’lim Ainul Yaqin Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Anggota di Kelurahan Koto Lalang Kota
Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 690-695.
Rifa'i, A., Muzakki, A., & Nasir, M. (2023). Peran Majelis Ta’lim Inayatut Thalibin dalam Meningkatkan Wawasan dan Pemahaman Keagamaan Masyarakat Desa Sungai Sandung. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 95-102.
H.M.H. al-Hamid al-Husaini., Sirah al-Musthofa. Jakarta. Yayasan al-Hamidy. cet IV, 1994. hal 295
Sulaiman Muhammad Amir Syukri. 2019. Majelis Ta’lim dan Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Bening Pustaka. hlm. 11.
Heni Ani Nuraeni, 2020. Pengembangan Manajemen Majelis Ta’lim di Dki Jakarta. Tangerang Selatan: Gaung Persada. hlm. 14-15.
Tas’adi, Rafsel. (2016). “Pentingnya Etika Dalam Pendidikan.” Ta’dib 17(2):189. doi:
31958/jt.v17i2.272.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.