Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MI Batununggul Kabupaten Sukabumi

Siti Ruqoyah Salsabila(1)
Zulfikri(2)
Aris Gundara(3)

(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Pelabuhan Ratu

DOI:

https://doi.org/10.51729/murid.11106

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Motivasi belajar, Peserta Didik

Abstrak

Fenomena pembelajaran daring tidak lepas dari berbagai kendala diantaranya tidak memiliki gawai, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik, kurangnya kontrol penggunaan gawai pada peserta didik sehingga peserta didik ketergantungan belajar dibantu oleh orang tua yang mengakibatkan menurunnya motivasi belajar.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dikelas V MI Batununggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan teknis analisis data dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian mengungkapakan bahwa (1) ketercapaian tujuan pembelajaran dalam ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan sudah tuntas mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan sekolah (2) pengelolaan guru dalam proses pembelajan daring di MI Batununggul pada kegiatan pendahuluan, inti, penutup menggunakan model dan metode pembelajaran yang sama disetiap pembelajaran serta tidak melakukan kegiatan yang meningkatkan motivasi peserta didik (3) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran daring hanya melalukan kegiatan mental, menulis, mendengarkan serta emosional dan tidak melakukan kegiatan visual dan motorik. Kegiatan yang dibangung guru memiliki antusias peserta didik yang rendah kecuali pada kegiatan menulis dan mendengarkan. (4) respon peserta didik dalam proses pembelajaran daring di MI Batununggul, dalam hal ini respon adalah reaksi peserta didik meliputi dominan peserta didik tidak tekun menghadapi tugas, tidak ulet menghadapi kesulitan dan tidak senang bekerja mandiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, A., Setiawan, P., & Handoko, A. L. (2021). Efektivitas pembelajaran media daring dalam meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi covid-19 pada mata pembelajaran pendidikan. 2(2), 79–91.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255.

Gumono, G., & Yulistio, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Community Empowerment, 6(3), 444–455. https://doi.org/10.31603/ce.4455

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf

Naufal, D. A. (2021). Hari Ini dalam Sejarah: WHO Tetapkan Covid-19 sebagai Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/11/104000165/hari-ini-dalam-sejarah--who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all

Sukardi, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Syamsul Anam, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.

Taher, E. S., Marli, S., & Suryani. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ipa menggunakan pendekatan saintifik kelas v sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1–13.

Yuliani, M., & Dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Daring_untuk_Pendidikan_Teo/iuz4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pembelajaran+daring&printsec=frontcover

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-29

Cara Mengutip

Ruqoyah Salsabila, S., Zulfikri, & Gundara, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MI Batununggul Kabupaten Sukabumi. Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 1(1), 79–99. https://doi.org/10.51729/murid.11106