Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik MI Batununggul Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.51729/murid.11106Kata Kunci:
Pembelajaran Daring, Motivasi belajar, Peserta DidikAbstrak
Fenomena pembelajaran daring tidak lepas dari berbagai kendala diantaranya tidak memiliki gawai, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik, kurangnya kontrol penggunaan gawai pada peserta didik sehingga peserta didik ketergantungan belajar dibantu oleh orang tua yang mengakibatkan menurunnya motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dikelas V MI Batununggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan teknis analisis data dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian mengungkapakan bahwa (1) ketercapaian tujuan pembelajaran dalam ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan sudah tuntas mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan sekolah (2) pengelolaan guru dalam proses pembelajan daring di MI Batununggul pada kegiatan pendahuluan, inti, penutup menggunakan model dan metode pembelajaran yang sama disetiap pembelajaran serta tidak melakukan kegiatan yang meningkatkan motivasi peserta didik (3) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran daring hanya melalukan kegiatan mental, menulis, mendengarkan serta emosional dan tidak melakukan kegiatan visual dan motorik. Kegiatan yang dibangung guru memiliki antusias peserta didik yang rendah kecuali pada kegiatan menulis dan mendengarkan. (4) respon peserta didik dalam proses pembelajaran daring di MI Batununggul, dalam hal ini respon adalah reaksi peserta didik meliputi dominan peserta didik tidak tekun menghadapi tugas, tidak ulet menghadapi kesulitan dan tidak senang bekerja mandiri.
Unduhan
Referensi
Dewi, A., Setiawan, P., & Handoko, A. L. (2021). Efektivitas pembelajaran media daring dalam meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi covid-19 pada mata pembelajaran pendidikan. 2(2), 79–91.
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255.
Gumono, G., & Yulistio, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Community Empowerment, 6(3), 444–455. https://doi.org/10.31603/ce.4455
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf
Naufal, D. A. (2021). Hari Ini dalam Sejarah: WHO Tetapkan Covid-19 sebagai Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/11/104000165/hari-ini-dalam-sejarah--who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all
Sukardi, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Syamsul Anam, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.
Taher, E. S., Marli, S., & Suryani. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ipa menggunakan pendekatan saintifik kelas v sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1–13.
Yuliani, M., & Dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Daring_untuk_Pendidikan_Teo/iuz4DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pembelajaran+daring&printsec=frontcover
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.