EFEKTIVITAS PLATFORM ALEF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TRISULA PERWARI 2 JAKARTA

Ahmad Solihin(1)
Nida Laila Salsabila(2)

(1) Universitas PTIQ Jakarta
(2) Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51729/921175

Keywords:

Interactive Learning Media, Alef Platform, PAI Learning Motivation

Abstract

The development of technology in education is very helpful for teachers in teaching. Students find it easier and faster to acquire literacy with many applications such as: power point, youtube, or e-learning based systems, and platforms as learning aids. The application of the alef platform in Islamic Religious Education (PAI) learning can stimulate the learning process even though teachers face several obstacles. They have many limitations in compiling, designing, designing teaching materials and are less proficient in this application so that it can reduce the KKM value, in addition to the lack of social interaction between teachers and students. This study was conducted to determine the effectiveness of the use of interactive learning media based on the alef platform on student learning motivation at SMP Trisula Perwari 2 Jakarta with a quantitative research paradigm and a field research approach. The results of the study stated that there was a positive influence of the alef platform (X) on student learning motivation (Y) as tested by the adjusted r square (R2) simple linear regression model, which was 0.164 (16.4%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013 (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013)

Anggoro, Duto. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits”, Ittihad, Jurnal of Student Research Vol. 123 No.5 , September, 2023.

Daradjat, Zakiyah. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Cet. 3. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Emda, Amna. “Kedududukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”, Lantanida Journal, Vol.5 No.2, 2019

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Hapizah, Indaryanti, et.al. Rencana Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dengan Model Flipped Classrom, (Palembang: CV. Bening Media Publishing, 2020)

Hardani, et. al. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group, 2020)

Kustandi, Cecep dan Darmawan Deddy. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. (Jakarta: Kencana, 2020)

Maslaha, Irvan, Marah Doly Nasution. “Penggunaan Platfrom Alef Education Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa”. Jurnal Matematika Education Sigma. Vol. 05, No. 02, 2022

Munadi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. (Jakarta: GP. Press Group, 2013).

Munir. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2015).

Nasution, Wahyudin Nur. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI. Cet I. (Medan: Perdana Publishing, 2018).

Nobre, “Quality Of Interactive Media Use In Early Childhood And Child Development: A Multicriteria Analysis”. Jurnal De Pediatria, Vol. 96, No. 03 (2019).

Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja, (Sleman: Cv. Budi Utomo Utama, 2020)

Rosalina, Iga. “Efektivitas Program Naasional Pemberdayaan Masyarakat Mndiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir di Desa Mantren Kec Karangrejo Kabupaten Madetan.” Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat. Vol, 01 tahun 2022.

Rubiana, Euis Pipieh dan Didi.“Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren”. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol VIII, No 2, 12-17 September 2020.

S, Arundati. Alef Platform, Platform Berbasis AI untuk Siswa Madrasah Belajar Matematika. https://www.cloudcomputing.id/berita/alef-platform-ai-untuk-belajar-matematika.

Sani, M. Rusydi. Kemenag & Alef. Perluas Penggunaan Platform Pembelajaran Digital di Madrasah. https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-amp-alef-perluas-penggunaan-platform-pembelajaran-digital-di-madrasah-26pw69.

Sarnoto, Ahmad Zain dan Almaydza Pratama Abnisa. “Motivasi Belajar Dalam Persfektif Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, Vol.4 No.2 (2022).

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015)

Sommen, Sudirman. Psikologi Umum dan Perkembangan. (Makassar: Alauddin University Press, 2012)

Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa. (Jakarta: Rajawali Press, 2010)

Sugyiono, Metode Penelitian Pendidikan, Cet.ke 7, (Bandung: CV Alfabeta, 2009)

Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori dan Aplikasi Pembelajaran PAI). (Aceh: Yayasan Pena, 2017)

Suwarto, Ahmad Muzaki, Muhtarom.“Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan”. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran. Vol 15. No 01, 2021

Syarifudin, Eka Dewi Utari. Media Pembelajaran (Dari Masa Konvesional Hingga Masa Digital). (Palembang: Bening Media Publishing, 2022)

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, Cet. Ke-3, 2013)

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2019)

Westy Soemanto, Psikologi Pendidikan, (Malang: Rineka Cipta, 2012)

Yusuf, Syamsu. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. (Bandung: Rizqi Press, 2009)

Published

2024-12-31

How to Cite

Solihin, A., & Laila Salsabila, N. (2024). EFEKTIVITAS PLATFORM ALEF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TRISULA PERWARI 2 JAKARTA. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 491–516. https://doi.org/10.51729/921175