Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa
DOI:
https://doi.org/10.51729/alkhidmah.22788Kata Kunci:
Literasi, Minat Baca, Perpustakaan Sekolah, Strategi Optimalisasi, SDN 1 RajadesaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan literasi dan minat baca anak-anak di SDN 1 Rajadesa melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah. Literasi yang baik sejak usia dini memiliki peran penting dalam perkembangan akademis dan keterampilan berpikir kritis anak. Sayangnya, minat baca di kalangan anak-anak masih tergolong rendah. Program pengabdian ini dirancang untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat literasi dengan menyediakan bahan bacaan yang menarik, mengadakan kegiatan membaca terstruktur, serta melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan literasi interaktif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan minat baca dan pemahaman literasi pada siswa, serta peningkatan jumlah kunjungan perpustakaan. Dengan strategi yang tepat, perpustakaan sekolah dapat menjadi sarana efektif dalam meningkatkan budaya baca dan literasi siswa secara keseluruhan.
Unduhan
Referensi
Andarini, Suparlinda. (2022). Budaya Literasi Membaca dan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah : Maghza Pustaka.
Bangsawan, Irwan P Ratu. (2023). Mengembangkan Minat Baca. Jakarta: PT Pustaka Adhikara Mediatama.
Endarti, Sri. (2022). Perpustakaan Sebagai Pusat Rekreasi Informasi. Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Volume 2 No 1.
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2),109–118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118.
Nada, Affa Azmi Rahman. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. Yogyakarta:UAD Press.
Radea, Pandu. (2019). Rajadesa Dalam Panggung Sejarah Galuh. Dinas perpustakaan Kabupaten Ciamis.
Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id
Putty Amalia Regita Cahyani, & N. (2019). Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar di Padang Panjang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 344–352. https://doi.org/10.24036/107351-0934
Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 161. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.