Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa

Risal Gantizar Gifari(1)
Ainun Nurul Badriyah(2)
Arini Zahra Salsabila (3)
Ila Siti Jamilah(4)
Indra Permana(5)
Lilih Maksipah(6)
Muhammad Rais Rohmah Fadilah(7)
Ramdan Maulana(8)
Syifa Salsabila Fauzy Ramdani(9)
Tanti Lestari(10)
Wafa Nur Awamirillah(11)

(1) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(2) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(3) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(4) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(5) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(6) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(7) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(8) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(9) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(10) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat
(11) Universitas Islam Darussalam Ciamis Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.51729/alkhidmah.22788

Kata Kunci:

Literasi, Minat Baca, Perpustakaan Sekolah, Strategi Optimalisasi, SDN 1 Rajadesa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan literasi dan minat baca anak-anak di SDN 1 Rajadesa melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah. Literasi yang baik sejak usia dini memiliki peran penting dalam perkembangan akademis dan keterampilan berpikir kritis anak. Sayangnya, minat baca di kalangan anak-anak masih tergolong rendah. Program pengabdian ini dirancang untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat literasi dengan menyediakan bahan bacaan yang menarik, mengadakan kegiatan membaca terstruktur, serta melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan literasi interaktif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan minat baca dan pemahaman literasi pada siswa, serta peningkatan jumlah kunjungan perpustakaan. Dengan strategi yang tepat, perpustakaan sekolah dapat menjadi sarana efektif dalam meningkatkan budaya baca dan literasi siswa secara keseluruhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andarini, Suparlinda. (2022). Budaya Literasi Membaca dan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah : Maghza Pustaka.

Bangsawan, Irwan P Ratu. (2023). Mengembangkan Minat Baca. Jakarta: PT Pustaka Adhikara Mediatama.

Endarti, Sri. (2022). Perpustakaan Sebagai Pusat Rekreasi Informasi. Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Volume 2 No 1.

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2),109–118. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.109-118.

Nada, Affa Azmi Rahman. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. Yogyakarta:UAD Press.

Radea, Pandu. (2019). Rajadesa Dalam Panggung Sejarah Galuh. Dinas perpustakaan Kabupaten Ciamis.

Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id

Putty Amalia Regita Cahyani, & N. (2019). Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar di Padang Panjang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 344–352. https://doi.org/10.24036/107351-0934

Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 161. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Gantizar Gifari, R., Badriyah, A. N., Salsabila , A. Z., Jamilah, I. S. ., Permana, I., Lilih Maksipah, Muhammad Rais Rohmah Fadilah, Ramdan Maulana, Syifa Salsabila Fauzy Ramdani, Tanti Lestari, & Wafa Nur Awamirillah. (2024). Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–102. https://doi.org/10.51729/alkhidmah.22788