Penguatan Nilai Akhlak Bagi Anak Yatim Panti Asuhan Mizan Amanah Cidodol
DOI:
https://doi.org/10.51729/alkhidmah.22796Kata Kunci:
Akhlak, Pendidikan, Yatim, Ruhani, FinansialAbstrak
Penguatan akhlak sangat penting untuk para anak yatim, karena kebutuhan akan pendidikan yang berkurang dari segi pendidikan keluarga menyebabkan kebutuhan anak yatim akan pendidikan lebih dibutuhkan. Selain itu dalam menjalani pendidikan sebagaimana manusia seperti pada umumnya, anak yatim membutuhkan finansial yang kuat dalam rangka menopang hidupnya agar mereka tidak terlantar dan yang paling buruk adalah penyimpangan sosial yang dilakukan oleh anak yatim. Sehingga pengabdian ini bertujuan untuk menanamakan nilai akhlak kepada anak yatim sebagai standar moral ideal dalam hidup anak yatim. Pengabdian ini dilakukan di panti asuhan yatim dan dhuafa Mizan Amanah, Cidodol, Jakarta Selatan, kegiatan pengabdian ini bekerjasama dengan Lembaga Studi Islam Al Awfiya, hal ini dilakukan agar terdapat sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Pengabdian ini dilakukan dengan metode penyampaian materi, hiburan, dan penyaluran infak kepada anak yatim. Hasil pengabdian ini menunjukkan atas pentingnya akhlak keislaman berupa akhlak kepada Allah dan Rasulullah, akhlak kepada orang tua dan sosial, dan akhlak terhadap diri sendiri. Selain dari segi ruhani, dukungan finansial terhadap anak yatim agar para anak yatim dapat hidup sejahtera di dunia maupun di akhirat. Kekurangan dalam penelitian ini adalah waktu yang sempit sehingga diharapkan dengan adanya pengabdian ini dapat memotivasi dan menambah litertur untuk para peneliti agar dapat memberdayakan anak-anak yatim.
Unduhan
Referensi
A. Mahmud. (2017). Akhlak Terhadap Allah Dan Rasulullah. Sulesana, Jurnal Wawasan Keislaman, 11(2), 62–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/.v11i2.4540
Adek Adha. (2022). Pemberdayaan Kemandirian Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Pasar Ambacang Kuranji Padang. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 9(1), 16–35. https://doi.org/10.54621/jn.v9i1.280
Alfarizi, M., Nurul, R., & Wulandari, A. (2022). Pengaruh Status Perekonomian Orang Tua, Efikasi Diri, dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa OTKP di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3638–3648.
Arianti, F., & Fikry, Z. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Yatim SMP dan SMA Anak Asuh Human Initiative di Bukittinggi. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3, 1715–1725.
Arsyia Fajarrini, & Umam, A. N. (2023). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP KARAKTER ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1425
Cahayatiningsih, D., Apriliyani, I., & Rahmawati, A. N. (2022). Depresi Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Journal of Language and Health, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.37287/jlh.v3i1.1185
Daradjat, Z. (1976). Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia (3rd ed.). Bulan Bintang.
Ependi, R. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Penerbit Deepublish.
Fratama, R., & Waharjani. (2023). Analisis Konsep Akhlak Terhadap Diri Sendiri: Studi Pada Siswa Kelas IX MTs Fastabiqul Khairat Kolaka Timur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4941–4951.
Gafur, A. (2020). MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN MAWAR PUTIH MARDHOTILLAH DI INDRALAYA Investment Model ff Islamic Religious Values in Children Orphanage Mawar Putih Mardhotillah in Indralaya. Titian : Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 60–73. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
Gita, M. S., & Parapat, A. (2024). Dampak Fatherless Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia 5-6 Tahun. Asmidar Parapat INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 8881–8889.
Intan Maghdalena, Fajar Utama Ritonga, & Mia Aulina Lubis. (2024). Penguatan Nilai Keagamaan Anak Binaan melalui Program Kemandirian Yatim Dhuafa LKSA Rumah Yatim Kota Medan. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v3i1.3180
Irfan, A. I., & Setiady, D. (2023). INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI NGANGGUNG. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.222
Irfan, A., Shofiyah, S., & Karimah, U. (2023). Moral Ideal Through Islamic Religious Education : Purpose , Concept and Implementation. International Conference on Culture, Arts, Languages, Literature and Education, 2023, 57–62.
Irfan, A., Soejono, S. R., & Setiady, D. (2023). Inovasi Pembelajaran PAI di Majelis Taklim Perempuan Miftahul Jannah Kecamatan Teluk Naga. 5(1), 7–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/jkip.v5i1.8417
Jalaluddin. (2016). Ibu Madrasah Umat: Fungsi & Peran Kaum Ibu Sebagai Pendidik Kodrati. Kalam Mulia.
Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurkam: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 1(3), 147–154.
Masduki, H., & Masduki, H. (2020). Pemberdayaan Yatim Berdasarkan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Pengelolaan Panti Asuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 88–105. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3794
Muhsin, A. (2020). INTERNALISASI NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 226–239. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4255
Muqorrobin, S. (2023). AL MIKRAJ Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendukung Pertumbuhan Rohani Anak Yatim Piatu Tunanetra. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 3(2), 254–262.
Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. Rajawali Pers.
Nurhalija, M., & Putra, I. M. (2024). Persepsi Masyarakat Terhadap Akhlak Remaja Dalam Berinteraksi Sosial Di Desa Purbasari Kec. Tapian Dolok Kab. Simalungun. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(4), 47–62. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i4.3484
Nurmalasari, F., Fitrayani, N., Paramitha, W. D., & Azzahra, F. (2024). Dampak Ketiadaan Peran Ayah (Fatherless) terhadap Pencapaian Akademik Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2567
Ramadan, Nasuton, R., & Fitry, S. A. (2021). Pembinaan Akhlak Anak Yatim di Yayasan Kasih Sayang Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 535–547.
Rizqi, M. A., & Vilantika, E. (2023). Pengembangan Karir Dosen Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bojonegoro. Jurnal Pengabdian Manajemen, 3(1), 39. https://doi.org/10.30587/jpmanajemen.v3i1.6237
Tafsir, A. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (2nd ed.). PT. Rosdakarya.
Tafsir, A. (2019a). Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia (9th ed.). PT. Rosdakarya.
Tafsir, A. (2019b). Ilmu Pendidikan Islami (5th ed.). PT. Rosdakarya.
Zakiyah, Z., Hasan, I., & Mukarromah, S. (2022). Pembinaan Religiusitas Anak Yatim pada Orang Tua Yatim di Pimpinan Daerah Aisyiyah Banyumas. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.61813/jlppm.v1i1.10
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.