Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
DOI:
https://doi.org/10.51729/murid.21530Kata Kunci:
kooperatif, perencanaan, pelaksanaan, evaluasiAbstrak
Pendidikan agama Islam memegang peran penting dalam memperkuat keimanan dan ketakwaan serta mempromosikan nilai-nilai inklusif, rasional, dan filosofis untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan mewujudkan nasionalisme serta persatuan dalam masyarakat. Dalam konteks implementasi, model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut memberikan kontribusi positif terhadap keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan merancang, menerapkan, dan mengevaluasi model pembelajaran yang sesuai, guru dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan agama Islam secara lebih baik. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan lebih lanjut dalam pendidikan agama Islam, dengan menekankan pentingnya perencanaan, implementasi, dan evaluasi model pembelajaran yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam secara keseluruhan.
Unduhan
Referensi
Arikunto.(2013) Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
ArikuntoS.(1998). Prosedur penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Etin Sulihatin dan Raharjo. (2008) CooperativeLearning.Jakarta: Bumi Aksara
Journal: Badrun tamimi ( 2002 ) ImplementasiModel TGT terhadap pelajaran agama. Volume 8 No. 1 https://journal.stitmupaciran.ac.id/ojs/index.php/ojs/article/download/120/8
Gunarta,I.G.(2018).PengaruhModelPembelajaran TGT berbantu Media Card terhadap belajar siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 112-120.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.