Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Gusti Qori Maulida(1)
Muhiddinur Kamal(2)
Titin Oktavia(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(2) Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
(3) SD IT Madani Islamic School 2 Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.51729/murid.21530

Kata Kunci:

kooperatif, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Abstrak

Pendidikan agama Islam memegang peran penting dalam memperkuat keimanan dan ketakwaan serta mempromosikan nilai-nilai inklusif, rasional, dan filosofis untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan mewujudkan nasionalisme serta persatuan dalam masyarakat. Dalam konteks implementasi, model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut memberikan kontribusi positif terhadap keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan merancang, menerapkan, dan mengevaluasi model pembelajaran yang sesuai, guru dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan agama Islam secara lebih baik. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan lebih lanjut dalam pendidikan agama Islam, dengan menekankan pentingnya perencanaan, implementasi, dan evaluasi model pembelajaran yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam secara keseluruhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto.(2013) Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

ArikuntoS.(1998). Prosedur penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Etin Sulihatin dan Raharjo. (2008) CooperativeLearning.Jakarta: Bumi Aksara

Journal: Badrun tamimi ( 2002 ) ImplementasiModel TGT terhadap pelajaran agama. Volume 8 No. 1 https://journal.stitmupaciran.ac.id/ojs/index.php/ojs/article/download/120/8

Gunarta,I.G.(2018).PengaruhModelPembelajaran TGT berbantu Media Card terhadap belajar siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 112-120.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Qori Maulida, G., Kamal, M., & Oktavia, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.51729/murid.21530