Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Siakad) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kampus Mahad Aisyah Bogor

Gina Sonia(1)
Srie Muldrianto(2)

(1) STAI DR Khez Almuttaqien
(2) STAI DR Khez Almuttaqien

DOI:

https://doi.org/10.51729/murid.21637

Kata Kunci:

Penggunaan, Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), Mutu Pendidikan, Fungsi Manajemen

Abstrak

Mahad Aisyah merupakan kampus yang khusus muslimah yang memiliki sistem informasi akademik yang terintegrasi dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) menjadi elemen krusial dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. SIAKAD mendorong efisiensi administrasi dengan otomatisasi proses pendaftaran, penjadwalan, dan manajemen data mahasiswa. Dengan memberikan akses cepat dan akurat terhadap informasi akademik, SIAKAD memperkuat transparansi dan akuntabilitas di institusi pendidikan. Selain itu, SIAKAD membuka peluang pengembangan teknologi pembelajaran, seperti e-learning, yang memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Namun, keberhasilan implementasi memerlukan komitmen, pelatihan, dan dukungan teknis agar seluruh stakeholder dapat mengoptimalkan manfaat SIAKAD. Penelitian ini menyoroti peran kritis SIAKAD sebagai katalisator perubahan positif dalam mencapai mutu pendidikan yang lebih tinggi dengan mengacu pada fungsi manajemen yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading), dan pengendalian (controlling). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan membandingkan kondisi eksisting dengan standar yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlunya setiap civitas akademika lebih mengoptimalkan penggunaan SIAKAD sebagai sarana untuk meningkatkan mutu di pendidikan tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Mayasari, S. Yuli, and O. Arifudin, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK,” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 5, p. 340, 2021.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, Opan. dkk. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser. 6(1). 1-8. 10.32529/glasser.v6i1.1481

Laudon, Kenneth C., Laudon, Jane P. 2010. Management Information Systems

(11th edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mahad Aisyah. (2024). Visi, Misi, dan Tujuan. Mahad Aisyah Official Website. https://www.mahadaisyah.id/

Peraturan Mendikbudristek Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Stoner, James A.F. (2006). Manajemen. Jilid I. Edisi Keenam. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. CV Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Sonia, G., & Muldrianto, S. (2024). Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Siakad) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kampus Mahad Aisyah Bogor. Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.51729/murid.21637