IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.51729/82221Keywords:
Implementation, blended learning, Islamic Religious EducationAbstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang impementasi blended learning untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Blended Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah Sukoharjo dalam upaya peningkatan minat belajar siswa baik melalui strategi ataupun metode yang digunakan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta analisis hasil dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi blended learning yang diterapkan di SMP Muhammadiyah Sukoharjo dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. dari perencanaan yang dibuat oleh waka kurikulum, kemudian di lakukan kegiatan rapat sebelum pelaksanaan, kemudia pelaksanaan oleh guru, kemudian evaluasi berupa rapat dengan kepala sekolah berserta jajarannya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi blended lerning berpengaruh pada peningkatan minat belajar siswa, hal ini dapat diketahui dari respon siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat setelah metode ini diterapkan.
Kata kunci: Implementasi; blended learning; Pendidikan Agama Islam.
Downloads
References
Albi Anggito, J. S. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian.
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816
Prela Neardinta. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://eprints.uny.ac.id/59705/1/SKRIPSI_Prela Neardinta_14803244019.pdf
Prihatini, E. N., Kuntari, S., Sosiologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI Fenomena Pandemi Covid-19 Model Blended Learning menjadi salah satu alternatif pilihan model pembelajaran Rusman Blended Learning sendiri memiliki arti mengenai implementasi Blended Learning yang. 13(2), 202–213.
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1137
Umami, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PTI. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24213/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24213/1/RIZA UMAMI%2C 170212016%2C FTK%2C PTI%2C 081361153245.pdf
Wardoyo, (2023) Interview with Fauziyah for the times, 27 July 2023
Khulafa’Urrasyidin, (2023). Interview with Fauziyah, 31 July 2023
Fahry Tegar Adhiguna, (2023). Interview with for the times 2 August 2023
Firman Utina Masturi, (2023). Interview with for times 2 August 2023
Livia Umi Ramadhani, (2023). Interview with for times 2 August 2023
Nina Rizky Namiyanti, (2023). Interview with for times 2 August 2023
Qolisatin Nisa, (2023). Interview with for times 2 August 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fauziyah Fatkur Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.












