IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO

Bahasa Indonesia

Authors

  • Fauziyah Fatkur Rohman Institut Islam Mamba'ul 'ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51729/82221

Keywords:

Implementation, blended learning, Islamic Religious Education

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang impementasi blended learning untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Blended Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah Sukoharjo dalam upaya peningkatan minat belajar siswa baik melalui strategi ataupun metode yang digunakan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta analisis hasil dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi blended learning yang diterapkan di SMP Muhammadiyah Sukoharjo dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. dari perencanaan yang dibuat oleh waka kurikulum, kemudian di lakukan kegiatan rapat sebelum pelaksanaan, kemudia pelaksanaan oleh guru, kemudian evaluasi berupa rapat dengan kepala sekolah berserta jajarannya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi blended lerning berpengaruh pada peningkatan minat belajar siswa, hal ini dapat diketahui dari respon siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat setelah metode ini diterapkan.

Kata kunci: Implementasi; blended learning; Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi Anggito, J. S. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian.

Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816

Prela Neardinta. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Kelas X AK 1 SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://eprints.uny.ac.id/59705/1/SKRIPSI_Prela Neardinta_14803244019.pdf

Prihatini, E. N., Kuntari, S., Sosiologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI Fenomena Pandemi Covid-19 Model Blended Learning menjadi salah satu alternatif pilihan model pembelajaran Rusman Blended Learning sendiri memiliki arti mengenai implementasi Blended Learning yang. 13(2), 202–213.

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1137

Umami, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi PTI. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24213/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24213/1/RIZA UMAMI%2C 170212016%2C FTK%2C PTI%2C 081361153245.pdf

Wardoyo, (2023) Interview with Fauziyah for the times, 27 July 2023

Khulafa’Urrasyidin, (2023). Interview with Fauziyah, 31 July 2023

Fahry Tegar Adhiguna, (2023). Interview with for the times 2 August 2023

Firman Utina Masturi, (2023). Interview with for times 2 August 2023

Livia Umi Ramadhani, (2023). Interview with for times 2 August 2023

Nina Rizky Namiyanti, (2023). Interview with for times 2 August 2023

Qolisatin Nisa, (2023). Interview with for times 2 August 2023

Published

2023-12-30

How to Cite

Fatkur Rohman, F. (2023). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO: Bahasa Indonesia. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 308–324. https://doi.org/10.51729/82221