Analisis Gaya dan Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Penyemai Purwakarta

Nurfitriani Fitrotu Zakiah(1)
Dina Nurjanah(2)

(1) STAI DR. Khez Muttaqien Purwakarta
(2) STAI DR. Khez Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.51729/murid.21638

Kata Kunci:

gaya dan tipe kepemimpinan, lembaga pendidikan, SD Penyemai

Abstrak

Pemimpin dalam lembaga pendidikan bukanlah hanya sekedar jabatan kekuasaan. Pemimpin adalah seseorang yang harus memiliki gaya dan tipe kepemimpinan yang sesuai untuk mengelola lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan baik. Gaya kepemimpinan adalah cara seseorang mempengaruhi oranglain. Sedangkan tipe kepemimpinan adalah model kepemimpinan yang dilakukan seorang pemimpin di dalam suatu lembaga. Gaya dan tipe kepemimpinan ini tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan pemimpin tetapi juga dipengaruhi oleh situasi organisasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya dan tipe kepemimpinan lembaga pendidikan serta mengalisis gaya dan tipe kepemimpinan kepala sekolah SD Penyemai Purwakarta. Penelitian ini perlu dilakukan karena gaya dan tipe kepemimpinan di lembaga pendidikan dapat mempengaruhi mutu pendidikan. Metode penelitian yang dilakukan yakni penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini adalah kepala sekolah SD Penyemai Purwakarta menggunakan beberapa gaya dan tipe kepemimpinan diantaranya gaya kepemimpinan ohio dan likert, serta tipe kepemimpinan demokratis dan transaksional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Handoko, Hani. “Kepemimpinan Transformasional Dan Pemberdayaan.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia 14, no. 1 (1999): 15.

Marlina, Leny, Fakultas Tarbiyah, Dan Keguruan, Iain Raden, and Fatah Palembang. “Tipe-Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan” XVIII, no. 02 (2013): 215–27.

Mattayang, Besse. “Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis.” JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting 2, no. 2 (2019): 45. https://doi.org/10.35914/jemma.v2i2.247.

Minsih, Minsih, Rusnilawati Rusnilawati, and Imam Mujahid. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2019): 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467.

Novianty, Rini, and Syarifuddin. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Model Ohio Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka.” Journal of Economic 13, no. 1 (2022). https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Eko/article/view/5326.

Oji Nur Aslam, Mohamad Muspawi, and Mulyadi. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SMA Negeri 11 Muaro Jambi.” Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2023): 1–15. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i2.624.

Pasteur, Dudung Abdullah. Gaya Kepemimpinan Dalam Budaya Organisasi. Bandung: ALQAPRINT JATINANGOR, 2020.

Rahayu, Sari, Ike Kurniati, Iis Suryani, Didin Wahidin, and Hendi Suhendraya Muchtar. “Hakikat Kepemimpinan Dan Tipe-Tipe Kepemimpinan Pendidikan.” Eduprof : Islamic Education Journal 4, no. 2 (2022): 187–98. https://iaibbc.e-journal.id/xx/article/view/141.

Risambessy, Agusthina, and Paulus L Wairisal. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional, Penempatan Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Iqtishoduna 17, no. 2 (2021): 175–89. https://doi.org/10.18860/iq.v17i2.11762.

Rohaeni, Heni. “Model Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ecodemia: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis IV, no. 1 (2016): 32–47.

Salsabilla, Beta, Febria Indah Lestari, Maya Erlita, Ranisha Dian Insani, Rani Santika, Restika Amalia Ningsih, Triska, and Dea Mustika. “Tipe Dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan Dan Dakwah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 9 (2017): 9979–85. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883.

Saptono. “KEPEMIMPINAN SEKOLAH : Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Peningkatan Guru.” Jurnal VARIDIKA 32, no. 1 (2020): 45–52. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11299.

Sudadi. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Revista Brasileira de Linguística Aplicada. Vol. 5. Makasar: Mitra Ilmu, 2022. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educati.

Ulil Multazam. “Gaya Kepemimpinan Transaksional, Transformasional Dan Kinerja Guru.” Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 12, no. 1 (2023): 58–77. https://doi.org/10.61088/tadibi.v12i1.631.

Waston, Waston, and Taryanto Taryanto. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Jumapolo Karanganyar.” Profetika: Jurnal Studi Islam, 2019, 61–70. https://doi.org/10.23917/profetika.v0i0.8949.

Zakiah, Nurfitriani Fitrotu, and Vina Prabaningtyas. “Manajemen Strategis Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Global.” Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2023): 1–13.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Fitrotu Zakiah, N., & Nurjanah, D. (2024). Analisis Gaya dan Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah SD Penyemai Purwakarta. Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.51729/murid.21638