Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Bimbingan Rohani Islam di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Landiansyah(1)
U Abdullah Mu’min(2)

(1) STAI Pelabuhan Ratu, Sukabumi
(2) STAI Pelabuhan Ratu, Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.51729/murid.22822

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Bimbingan Rohani, RSUD Palabuhanratu, Nilai-nilai Spiritual, Kesehatan Mental

Abstrak

Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan Bimbingan Rohani Islam di RSUD Palabuhanratu Sukabumi sangat penting dalam memberikan dukungan spiritual kepada pasien dan keluarganya untuk memperkuat iman dan ketenangan jiwa, serta membantu individu dalam menghadapi tantangan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang diterapkan dalam kegiatan Bimbingan Rohani Islam di RSUD Palabuhanratu sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pasien sekaligus mengidentifikasi berbagai nilai pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam bimbingan rohani, seperti tawakal, sabar, syukur, dan persaudaraan. Melalui metode observasi dan wawancara dengan tenaga medis dan pasien, ditemukan bahwa bimbingan rohani memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan mental dan spiritual pasien. Hasil penelitian menunjukan program ini tidak hanya fokus pada aspek ritual, tetapi juga mengedukasi pasien mengenai pentingnya kesehatan jiwa dalam perspektif Islam. Hal ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program bimbingan rohani serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai agama dalam pelayanan kesehatan yang mempengaruhi kualitas hidup pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Cara Mengutip

Landiansyah, & Mu’min, U. A. . (2024). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Bimbingan Rohani Islam di RSUD Palabuhanratu Sukabumi. Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(2), 119–135. https://doi.org/10.51729/murid.22822